Site Network: Home | Blogcrowds | Gecko and Fly | Profil

Merakit Komputer


Halo semuanya salam sehat selalu bagi pembaca bloger yang akan haus tentang informasi kompeter maupun informasi lainya.
pada postingan abah kali ini di klik duniaku, abah akan membagikan sedikit pengalaman abah tips dan langkah-langakah bagaimana merakit komputer dengan baik dan benar.

Nah sejauh dengan perkembangan tenologi yang semakin canggih maka peralatan perangkat keras komputer (hadware) semakin berkembang dengan teknologi-teknologi yang cukup tinggi, tidak seperti jaman dahulu merakit komputer adalah suatau perkerjaan yang boleh di bilang sulit di karenakan komponen itu sendiri masih terbilang jadul (jaman dulu) jadi masih colok sana-colok sini dan masih mengatur jemperr namun tidak dengan jaman sekarang, merakit komputer adalah pekerjaan yang sangant ringan boleh juga dibilang gampang hampir seluruh orang bisa melakukan-nya....
Nah oleh sebab itu abah membuat postingan ini agar para pembaca dapat merakit komputer dengan mudah seperti apa yang abah sudah bilang. untuk merakit komputer abah biasanya tidak terlalu lengkap memakai peralatan yang teralu banyak dan sulit di cari abah biasanya cuma memakai obeng bolak balik +/- itu aja menurut abah sudah cukup.

sebelum kita merakit komputer kita persiapkan dulu atau cek ulang perangkat keras (hadware) yang akan kita rakit , untuk membuat 1 unit komputer hadware yang di butuhkan adalah :

  • Mainboard (papan socet) nah mainboard ini di gunakan untuk menampung komponen pendukung-pendukung lain seperti prosessor, ram, VGA card dll.
  • Prosessor + Kipas (Otak CPU) kenapa abah bilng Otak CPU karena prosessor inilah yang nantinya akan memberi perintah pada saat komputer itu bekerja.
  • Ram menurut abah untuk ram lebih besar kapasitas yang di pake lebih baik
  • VGA Card untuk VGA Card sebenernya ada yang onboard yaitu sudah menjadi satu pada mainboard tapi terserah anda mau pake yang mana.
  • Hardisk digunakan untuk penyimpanan sistem maupun data anda
  • Cdroom sangat di perlukan pada saat penginstalan sistem.
  • Power Saplay berguna untuk memberi tanaga (arus listrik)
  • Casing digunakan untuk meletakan komponen-komponen perangkat keras tersebut aga mejadi lebih rapi.
  • Stabilizer berguna untuk menyetabilkan tegangan listrik pada saat sebuah komputer sedang dinyalakan.
Menurut abah komponen-komponen itu saja yang sangat berpengaruh pada sebuah komputer bagi pembaca bila ingin menambah hadware lain "ngeh mongoh di persilakan".

langkah-langkah merangkit komputer
  1. Pasang dahulu processor pada mainboard sebelum di pasang pada casing, pasang juga kipas prosessor untuk mencegah prosessor tidak cepat panas yang natinya akan mengakibatkan hang.
  2. Pasang juga ram pada mainboard senbelum di pasang pada casing
  3. Siapkan casing kemudian pasang power saplay pada casing
  4. Pasang Hardisk dan CDRoom pada casing agar pada saat pemasangan mainboard lebih mudah
  5. setelah casing sudah siap pasang mainboard yang sudah terpasang prosessor dan ram ke casing
  6. Skrup maindboard pada bodi casing tapi jangan terlalu keras karena dapat menyebabkan pecah pada maindboard.
  7. Colokan Kabel data hardisk dan cdroom pada maindboard dan beri teganggan dengan memasang kabel power saplay pada maindboard maupun hardisk/CDRoom
  8. Pasang kabel power/USB dengan melihat buku panduan maindborad agar tidak terjadi kesalahan yang nantinya bisa mengakibatkan hang.
  9. Setelah sedah terpasang semuah coba hidupkan komputer jika komputer berbunyi bib 1 kali berati perakitan komputer berjalan dengan baik.
  10. Yang terahir tutup sebelah kanan dan kiri casing agar tidak kemasukan debu yang bisa mengakibatkan konslet terkena debu.

Sekian dulu informasi yang bisa abah berikan untuk saran dan pertayaan abah tiunggu secepatnya, salam Sehat selalu dari abah Klik Duniaku.

0 Comments:

Post a Comment